Penyebab CCTV RUSAK? Simaklah Cara mudah Mengatasinya!

penyebab cctvrusak dan cara mudah mengatasinya

Memasang CCTV baik dirumah atau kantor memang banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan , salah satunya dapat membantu untuk memantau rumah. Pada saat kita sedang beristirahat atau tertidur pulas, sistem CCTV ini akan membantu memantau area rumah secara realtime dan senantiasa merekam segala aktivitas yang telah terjadi . Jadi, jika tiba-tiba rumah ada para para pencuri yang berusaha masuk ke lokasi , kamu sudah memiliki bukti rekaman yang nyata & nantinya bukti tersebut dapat di serahkan kepada pihak yang berwajib untuk ditindak lanjuti.

Nah, bagaimana jika CCTV di tempat tersebut tidak dapat beroperasi secara maksimal atau tiba-tiba rusak, apakah kejadian di lokasi dapat terekam? tentu saja tidak guys, jika CCTV mengalami permasalahan atau rusak, maka segala kejadian penting di tempat kantor atau rumah tidak dapat terekam atau tersimpan. Untuk mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan CCTV mengalami kerusakan atau tiba-tiba saja mati, Simaklah pembahasan saya di bawah ini!

1. Kamera CCTV mengalami kerusakan atau Mati

Jika Kamera CCTV yang terpasang mengalami permasalahan atau mungkin rusak, maka hasil gambar dari perangkat DVR menuju ke layar monitor pastinya akan mati, sehingga tidak ada hasil rekaman yang dapat tersimpan. Namun yang harus ada ketahui, jika fitur infrared masih tetap menyala atau hidup. Maka yang rusak hanyalah kameranya saja. Solusi tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membawanya ke tempat toko service CCTV terdekat di tempat Anda.

Berikut ini Rekomendasi Toko Service CCTV di Palembang

2. Coba Anda Cek Adaptor atau Power Supply

Power supply merupakan salah satu komponen penting pada CCTV yang mensuplai arus listrik ke kamera CCTV, jika power supply tiba-tiba mati atau mengalami kerusakan, maka CCTV juga akan ikut mati, loh. untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengecek Adaptor atau Power Supply dengan menggunakan alat avometer terlebih dahulu. Jika bener adapator CCTV memang mati, maka harus di ganti dengan yang baru.

3. Kabel CCTV Putus Atau Mungkin Kualitas Kabel yang tidak bagus

Jika adaptor dan kamera sudah Anda cek dan ternyata masih beroperasi dengan baik, maka bisa saja permasalahannya terdapat pada kabel CCTV. Kabel ini bisa saja putus karena digigit tikus atau kualitasnya yang memang terbilang tidak bagus. Jika kabel sudah putus, sebaiknya belilah kabel yang baru untuk menggantinya.

4. Perangkat DVR Rusak atau Mati

Komponen yang satu ini merupakan bagian penting dari sistem CCTV. Jika DVR tak berfungsi dengan baik, maka sudah sangat jelas bahwa sistem CCTV juga tidak akan beroperasi dengan lancar. Tindakan yang harus lakukan jika DVR sudah rusak atau mati dengan membawanya ke tempat toko servie CCTV untuk memperbaikinya. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggantinya dengan komponen yang baru.

5. Port Konektor yang Rusak

Jika Anda sudah mengecek perangkat CCTV baik itu adaptor, kamera, DVR, dan ternyata ketiga perangkat ini tidak ada kendalanya, namun layar monitornya masih saja tidak menampilkan gambar, maka cobalah cek juga keadaan soket konektor yang terdapat pada DVR. Caranya dengan memindahkan ke port lain yang masih berfungsi, jika ternyata CCTV berfungsi dengan normal, maka kemungkinan port konektornya mengalami kerusakan.

Sebenarnya merawat CCTV itu memang cukup merepotkan. Daripada kamu pusing memikirkan masalah perbaikan CCTV, lebih baik panggil saja teknisi Era CCTV Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *