Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor, Perhatikan Ulasan Di Bawah Ini!

perbedaan kamera indoor outdoor cctv

kamera indoor dan outdoor merupakan jenis kamera yang memiliki fungsi sama, yaitu dapat menampilkan hasil gambar sekaligus merekam segala aktivitas secara realtime. Perbedaan dasarnya, CCTV indoor dipasang di dalam ruangan yang tertutup, sedangkan CCTV outdoor ini di pasang di area luar ruangan. Namun ada beberapa perbedaan lebih detail antara kamera indoor dan outdoor yang harus anda ketahui loh.

3 Artikel Terkait Mengenai Kamera CCTV Indoor & Outdoor

Nah, apa saja perbedaan antara kedua jenis kamera CCTV ini? kelebihan dan kekuranganya? yuk disimak ulasan saya dibawah ini!

Jenis Kamera CCTV Indoor :

jenis Kamera CCTV Indoor Termurah
  1. Kamera ini di pasang untuk mengawasi tempat yang berada didalam ruangan.
  2. Secara umum, kamera ini memliki  lensa 3.6mm dengan sudut pandang atau rasio mencapai 70%,
  3. Jika di perhatikan bentuknya, kamera CCTV ini biasanya sedikit melengkung dengan efek semi fisheye,
  4. Memiliki lubang udara untuk mengeluarkan sensor panas pada bagian chipset, sehingga kamera indoor tidak dapat Anda pasang pada posisi yang langsung pada area yang tidak memiliki tempat yang tertutup atau pelindung seperti flapon atau atap, dikarenakan ingin menghindari kamera terkena dari cuaca yang extreme seperti dari sinar matahari dan air hujan.
  5. kamera Indoor ini bisa saja di pasang di area luar dengan syarat tetap memiliki tempat pelindung seperti beton/atap. Jika tidak ada tempat pelindung, maka di khawatir akan terkena air hujan dan kemungkinan besar dapat mengalami kerusakan.
  6. Jangkauan videonya juga lebih lebar.
  7. Bahan material kamera indoor ini biasanya berupa plastik fiber.

Jenis Kamera Outdoor :

Jenis Kamera CCTV Outdoor Termurah Di Palembang
  1. Jarak pandang kamera outdoor biasanya lebih jauh dibandingkan dengan kamera indoor, karena kamera CCTV ini di rancang untuk monitoring jarak yang lebih jauh sehingga sangat cocok di pasang di luar ruangan.
  2. Kamera outdoor ini juga memiliki fitur night vision. Dengan fitur ini maka kamera dapat menangkap hasil video dalam kondisi yang minim cahaya atau gelap. Bahkan sebagian besar produk CCTV outdoor sudah dilengkapi komponen housing protection  sehingga kamera outdoor dapat bertahan dalam cuaca yang begitu ekstrim.
  3. Tidak begitu memiliki sudut pandang yang selebar indoor.
  4. Memiliki standar tingkat perlindungan yang di kenal dengan istilah Ingress Protection Code atau rating IP. IP66 berarti kamera tersebut memiliki kemampuan menahan semprotan air sedangkan rating IP67 berarti ia dapat terendam air hingga kedalaman sekitar satu meter tanpa menyebabkan kerusakan.
  5. Memiliki chip sensitif khusus dengan fitur infrared (IR). Chip sensor ini sangat sensitif terhadap radiasi inframerah dalam spektrum yang dekat dengan inframerah dekat. Namun mata manusia tidak bisa melihat cahaya ini. Kamera inframerah ini menggunakan fitur IR Light Emitting Dioda atau LED untuk menghasilkan cahaya inframerah yang menyinari daerah sasaran. LED biasanya ditempatkan di sekitar atau di samping lensa kamera agar  menghadap ke arah yang sama.

Dari penjelasan diatas sangat jelas perbedaan CCTV indoor dan outdoor bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama namun ada perbedaan dari ketahanan terhadap cuaca dan jangkauan gambar yang di pantau . Mana yang harus Anda pilih? Tentu saja pilihan harus menyesuaikan dengan keperluan properti Anda, Apakah ingin memasang CCTV dalam area ruangan atau luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *